Konsepsi Nilai
Pendidikan
Apa yang harus dilakukan agar
pendidikan menjadi berbagai nilai-nilai?
yang maksud adalah "Bagaimana pendidikan harus dilanjutkan?, Tapi' Apa
pendidikan harus bertujuan? Apa yang harus ia coba untuk mencapainya ? Apa yang
akan dihitung sebagai keberhasilan? 'Kekhawatiran saya di sini terutama dengan
apa yang dilakukan dengan sengaja di sekolah, dan karena saya ingin bertanya
tentang tujuan pendidikan yang harus
dipahami seluruhnya, dalam kaitannya dengan nilai-nilai, seperti yang saya
jelaskan dalam pendahuluan, penggunaan 'Nilai pendidikan' sebagai singkatan,
tapi tanpa mengandaikan apapun jawaban tertentu apakah harus ada bagian yang
berbeda dari kurikulum atau jadwal yang harus berurusan dengan nilai-nilai,
atau, jika ada menjadi daerah tersebut.
Salah satu tugas dari seorang filsuf
dalam kaitannya dengan nilai nilai pendidikan adalah untuk fokus pada
pertanyaan dari tujuan tersebut. Seorang filsuf tidak akan - dan tidak, dengan
klaim otoritas - mencoba untuk memberitahu praktisi apa yang harus mereka
lakukan di dalam kelas, atau memang untuk memberitahu para pembuat kebijakan.
Namun filsuf cukup dapat mengambil pandangan bahwa refleksi pada tujuan
kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualitas kegiatan. Refleksi hati pada tujuan
pendidikan nilai-nilai bisa menghindari guru dan pembuat kebijakan menempatkan
waktu dan energi mereka menjadi sesuatu yang akan lebih baik tidak dilakukan
sama sekali (karena, misalnya, mungkin indoctrinatory di beberapa secara
halus); mungkin lebih dalam praktek dan lebih dgn biasa saja, di mana guru
sudah terlibat dalam beberapa kegiatan yang bernilai mengejar, dan yang
dilakukan di bawah label pendidikan nilai-nilai atau sesuatu yang berhubungan
dengan itu, mereka cenderung melakukannya lebih efektif jika mereka jelas
tentang tujuan mereka.
Dalam bab ini saya akan membahas
berbagai konsepsi nilai-nilai pendidikan, dibedakan terutama oleh tujuan mereka
berbeda. Saya tidak akan mengklaim memiliki kelelahan semua konsepsi yang
mungkin pendidikan nilai-nilai; Saya berkonsentrasi pada beberapa yang tidak
hanya mungkin tetapi sebenarnya berlangganan dengan refleksi lebih atau kurang
dengan angka yang cukup besar dari orang. Pada akhir bab I akan menambah daftar
dua saran terkait yang menggambar langsung pada gagasan lingkungan etika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar