Jumat, 09 Desember 2016

Etika Lingkungan


Etika Lingkungan Dalam Pengembangan Kebajikan
  Kami telah melihat bahwa untuk mengembangkan kebajikan seseorang mungkin perlu dibesarkan untuk bertindak dengan semacam cara yang benar, bahkan mungkin mengikuti aturan awalnya.
  Satu fakta penting tentang kebajikan dan keburukan orang adalah, sekali diperoleh, mereka sangat mengakar, justru karena mereka melibatkan jauh lebih banyak dari kecenderungan hanya untuk bertindak dengan cara tertentu. Perubahan karakter tersebut adalah perubahan besar.
  Jika suatu sifat karakter sangat mengakar, itu berarti bahwa orang yang bersangkutan tidak akan mengubah penilaian dan perilakunya karena orang lain di sekelilingnya berubah.
  Dalam memperoleh kebajikan, seseorang harus menjadi rentan terhadap etika atau lingkungannya, kebajikan tidak dapat diperoleh dalam waktu yang singkat, suatu kebajikan harus diperoleh selama periode panjang.
  Suatu kebajikan harus diperoleh selama periode panjang, jenis susceptibilty yang tepat pada lingkungan tampaknya memiliki realisme psikologis pada sisinya (Flanagan 1991), kenyataan harus membuat kita lebih berhati-hati dalam menerima gambaran kebajikan realisme sebagai suatu hal yang stabil secara menyeluruh serta kebal dari pengaruh lingkungan.

Kebajikan dan psikologi situasi
  Kami akan mengasumsikan sifat untuk menjelaskan mengapa setiap orang berperilaku dengan cara yang berbeda dalam situasi tertentu.
  Jika semisalnya kita ingin menjelaskan mengapa beberapa siswa mencontek dalam tugas kuliah mereka, kita mungkin berpikir bahwa beberapa siswa belum membangun karakter sifat jujur, dll.
  Pendekatan situasi dalam psikologi sosial mempertanyakan sejauh mana perilaku individu dan terutama perbedaan antara perilaku salah satu orang dengan orang lain, dapat dijelaskan dengan ciri-ciri karakter dari setiap individu atau dari ada dan tidak adanya kebajikan.
  Di akhir bab  dari buku ini akan menunjukkan dua cara berpikir tentang tugas pendidikan dalam kaitannya dengan nilai-nilai :
1.      Mengambil perspektif yang berkembang dari masyarakat: itu melihat pendidikan sebagai salah satu cara dimana masyarakat dapat memgembangkan dan mempertahankan kualitas etika lingkungan.
2.      Mengambil pandangan yang berkembang dari individu: itu melihat pendidikan sebagai salah satu cara dimana dapat membantu seseorang untuk menemukan jalan mereka melalui kompleksitas etika lingkungan di sekitar mereka.
Dua bagian dari argumen tersebut merupakan dua perspektif dari nilai-nilai pendidikan yang saling kompatibel dan saling melengkapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar