Kepribadian manusia dan pendidikan
Manusia
merupakan salah satu makhluk hidup yang sudah ribuan abad menghuni bumi. Sebelum
terjadi proses pendidikan diluar dirinya, pada awalnya manusia cenderung
berusaha melakukan pendidikan pada dirinya sendiri, dimana manusia berusaha mengerti dan mencari hakikat kepribadian tentang siapa diri mereka sebenarnya.
Dalam prosesnya,
peran efektif terhadap pembinanaan
kepribadian manusia dipengaruhi oleh lingkungan dan didukung oleh faktor
pembawaan manusia sejak lahir. Dalam kaitan ini, perlu ditinjau kembali tentang
teori nativisme, empirisme, dan konvergensi. Pada dasarnya, tujuan pendidikan
secara umum adalah untuk membina kepribadian manusia secara sempurna. Kriteria
sempurna ini ditentukan oleh masing-masing pribadi, masyarakat, bangsa, tempat
dan waktu. Pendidikan yang gterutama dianggap sebagai transfer kebudayaan,
pengembangan ilmu pengetahuan akan membawa masalah seperti itu. Dengan demikian,
ilmu pengetahuan memiliki nilai-nilai praktis didalam kehidupan, baik sebagai
pribadi maupun sebagai warga masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar